Blog yang menayangkan kilasan-kilasan info yang berkaitan dengan musik.

21 April 2010

5 Musisi Indonesia Paling Kritis

Tema cinta sangat mendominasi untuk dijadikan sebuah lagu, sementara tema diluar cinta tidak begitu banyak. Hanya sedikit musisi yang berani membuat lagu bertemakan kritik sosial. Nah! Rank In My Blog kali ini akan mengangkat lima musisi Indonesia paling kritis, siapa saja mereka? Coba lihat daftar di bawah ini:
1. Iwan Fals,
Musisi papan atas Indonesia ini sangat layak ditempatkan sebagai musisi paling kritis. Lagu-lagunya yang bertemakan kritik sosial selalu mengisi di hampir setiap albumnya, seperti lagu Oemar Bakri, Bento, Bongkar dan lain-lain. Dari awal 80-an hingga sekarang eksistensinya masih terjaga.
2. Harry Roesli,
Musisi yang telah meninggal ini pernah mempelesetkan lagu nasional yang berjudul "Garuda Pancasila" menjadi sebuah kritikan, tentu saja hal itu mengundang kontroversi. Harry Roesli pun dipanggil oleh pihak kepolisian untuk dimintai keterangan atas ulahnya itu.
3. Slank,
Band kawakan ini sempat berseteru dengan DPR gara-gara salah satu lagu dari Slank menyindir perilaku oknum-oknum DPR yang bertindak korup.
4. Doel Sumbang,
Tak jarang lagu-lagunya berisikan kritik sosial, akhir-akhir ini ia lebih sering menciptakan dan menyanyikan lagu-lagu sunda, namun temanya tak luput dari kritik sosial.
5. Sawung Jabo,
Musisi ini memang tak terlalu terkenal di industri musik yang sifatnya komersil, sehingga lagu-lagunya yang bertema kritik tidak terlalu terdengar di masyarakat pada umumnya. Sawung Jabo pernah bergabung dalam grup Swami dan Kantata Takwa bersama Iwan Fals.

No comments: