Blog yang menayangkan kilasan-kilasan info yang berkaitan dengan musik.

08 April 2010

Sejarah Drum

Ada dugaan bahwa drum tertua berada di masa neolitikum, hal ini berpatokan dari ekskavasi diberbagai wilayah di dunia. Misalnya yang berada di Moravia diduga dari tahun 6000SM, bentuknya sederhana berupa sepotong batang kayu berongga yang ujungnya ditutup kulit reptil atau ikan. Alat itu dibunyikan dengan cara ditepuk. Kemudian muncul lah drum kayu dengan kulit binatang pada masa peradaban berikutnya. Stik pukul pun mulai dipakai, ini ditunjukan oleh artefak dari Mesir kuno (4000 SM).
Pada tahun 600-an Persia mengenal genderang pendek dari tanah liat, lalu genderang itu mulai dibuat dari logam, terkadang kayu. Genderang itu menyebar ke Eropa, Afrika, dan Asia. Namanya pun menjadi kettle drum atau timpani karena terbuat dari tembaga dan berbentuk ketel sup.
Pada tahun 1500 bangsa Eropa membawa drum ke Amerika, kemudian tahun 1800-an pasukan militer diberbagai negara mulai mempelajari dan menggunakan drum dalam pasukan, bahkan ada terobosan baru berupa parade musik pasukan drum band tahun 1813 di Rusia. Inilah salah satu tonggak kemunculan drum band. Baru pada tahun 1935 para pecinta musik di Amerika Serikat mampu memperkaya musik drum dengan membuat seperangkat drum yang terdiri atas genderang bas, genderang senar, genderang tenor, dan simbal. Pada tahun 1970-an muncul drum listrik yang kualitas bunyinya tak beda dengan gendang, timpani, atau drum akustik.

No comments: